Rabu, 17 April 2013

Gejala dan Faktor Penyebab Penyakit Asma

Gejala dan Faktor Penyebab Penyakit Asma
Gejala dan Faktor Penyebab Penyakit Asma - Penyakit Asma Adalah suatu penyakit kronik (menahun) yang menyerang saluran pernafasan (bronchiale) pada paru dimana terdapat peradangan (inflamasi) dinding rongga bronchiale sehingga mengakibatkan penyempitan saluran nafas yang akhirnya seseorang mengalami sesak nafas. Penyakit ini merupakan penyakit keturunan. Bila salah satu atau kedua orang tua, kakek atau nenek anak menderita penyakit asma maka bisa diturunkan ke anak. Penyakit asma bukan penyakit menular tapi penyakit keturunan. 

Berdasarkan data Badan Kesehatan Dunia (WHO), sebanyak 300 juta orang di dunia mengidap penyakit asma dan 225 ribu orang meninggal karena penyakit asma pada tahun 2005 lalu. Hasil penelitian International Study on Asthma and Alergies in Childhood pada tahun yang sama menunjukkan bahwa di Indonesia, gejala penyakit asma melonjak dari sebesar 4,2% menjadi 5,4%.

Penyebab Penyakit Asma  

Sampai saat ini penyebab penyakit asma belum diketahui secara pasti meski telah banyak penelitian oleh para ahli. Hipotesis mengenai penyebab seseorang mengidap asma belum disepakati oleh para ahli didunia kesehatan. Namun demikian yang dapat disimpulkan adalah bahwa pada penderita asma saluran pernapasannya memiliki sifat yang khas yaitu sangat peka terhadap berbagai rangsangan hipereaktivitas saluran napas seperti polusi udara (asap, debu, zat kimia), serbuk sari, udara dingin, makanan, hewan berbulu, tekanan jiwa, aroma menyengat dan olahraga.

Gejala Penyakit Asma 
Seseorang bisa diduga terserang penyakit asma jika mengeluarkan tanda atau gejala seperti di bawah ini: 
  • Ketika sedang bernafas sering mengeluarkan bunyi lenguhan. Namun perlu digarisbawahi bahwa tidak semua penderita asma nafasnya selalu bersuara. 
  • Nafas sering menjadi sesak karena organ pernafasan menjadi sempit. 
  • Batuk yang tiada henti terutama di waktu malam atau ketika cuaca sedang dingin. 
  • Dada terasa sesak dan menjadi sempit, terutama pada bagian paru-paru. 
  • Karena nafas terganggu, maka ketika sedang berbicara tidak bisa lancar dan tidak bisa mengatur jalannya pernafasan dengan baik. 
Demikian Info Kesehatan yang kami harapkan dapat bermanfaat bagi anda, jagalah selalu kesehatan anda.

Tags  #Kesehatan   #Info

Baca Info Kesehatan Lainnya :
Jika menurut ini adalah sebuah info yang penting dan bermanfaat, Kami Mohon Share (Bagikan) Link blog sederhana ini pada teman atau kerabat anda melalui link share ke sosial media yang telah disediakan, sehingga blog sederhana ini dapat memberikan manfaat bagi banyak pihak, Terima Kasih,,,
Salam AYO BACA
 

0 komentar:

Posting Komentar