Selasa, 16 April 2013

Cara Efektif Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Cara Efektif Meningkatkan Nafsu Makan Anak - Nafsu Makan Anak yang kurang cenderung membuat pusing orang tua. Orang tua yang sangat mencintai anaknya tentu akan sangat senang melihat anaknya dapat makan dengan lahap. Namun kenyataannya banyak sekali anak-anak yang nafsu makannya kurang terutama saat usia balita.

untuk mengatasi masalah kurangnya nafsu makan anak, silahkan simak ulasana mengenai "Cara Efektif Meningkatkan Nafsu Makan Anak" berikut ini :


  1. Mengatur jadwal makannya
    Ketahuilah bahwa balita belum memiliki nafsu makan yang kuat. Untuk itu, mereka tidak mau makan sebanyak tiga kali dalam sehari. Namun, Anda harus cerdas menghadapinya yaitu tetap memberikannya makan pada pagi, siang, dan malam hari. Berilah si anak makanan yang bergizi walaupun dia makan hanya sedikit.

  2. Memberikan makan dalam porsi kecil
    Agar aktivitas makan jadi kebiasaan baginya, Anda perlu memberinya makan dalam porsi kecil namun mengandung gizi tinggi. Selain itu, jangan lupa juga untuk memberikan variasi pada menu makanannya. Misalnya, memotong sayuran dengan bentuk boneka, membuat roti dengan bentuk bintang, dan kreasi lainnya.

  3. Membatasi meminum susu
    Jika si anak senang sekali meminum susu daripada makan nasi beserta lauk-pauknya, maka Anda harus bisa membatasinya. Ketahuilah bahwa memberikan susu secara berlebihan kepada anak, maka tak ada ruang bagi makanan di dalam perutnya.

  4. Mengubah menu makanan setiap hari
    Jangan terus-terusan memberi makanan yang sama untuk anak karena bisa membuatnya merasa bosan sehingga malas untuk makan. Untuk itu, Anda harus bisa memberikan variasi pada menu makan setiap harinya agar meningkatkan nafsu makan si anak. Selain itu, Anda juga bisa menghias makanan itu dengan beberapa sayur-mayur agar menarik perhatiannya untuk memakannya. 

  5. Menyuapi si anak
    Cara lain untuk meningkatkan nafsu makan si anak adalah menyuapinya. Mungkin anak malas makan akibat sedang bermain dengan mainan miliknya atau teman-temannya. Untuk itu, Anda perlu mencuri waktu untuk sekadar menyuapinya sedikit demi sedikit. Dengan begitu, si kecil akan tetap sehat. 
Anak adalah harta yang tidak ternilai oleh apapun, jangan biarkan pertumbuhan anak anda tergangu hanya karena Nafsu makannya yang kurang, oleh karena itu Anda harus tetap sabar menghadapinya agar si anak tak lagi susah untuk makan. Ketahuilah bahwa makanan merupakan salah satu faktor penting untuk pertumbuhan si anak. 

Tags  #Kesehatan   #Info

Baca Info Kesehatan Lainnya :


Jika menurut ini adalah sebuah info yang penting dan bermanfaat, Kami Mohon Share (Bagikan) Link blog sederhana ini pada teman atau kerabat anda melalui link share ke sosial media yang telah disediakan, sehingga blog sederhana ini dapat memberikan manfaat bagi banyak pihak, Terima Kasih,,,
Salam AYO BACA

    0 komentar:

    Posting Komentar