Selasa, 29 Januari 2013

Sekilas Tentang Oracle VM VirtualBox


Oracle VM VirtualBox
Oracle VM VirtualBox atau lebih dikenal dengan VirtualBox adalah aplikasi virtualisasi cross-platform. Apa artinya? untuk satu hal, menginstal pada Intel atau AMD yang ada berbasis komputer, apakah mereka menjalankan Windows, Mac, Linux atau sistem operasi Solaris. Kedua, ia meluas kemampuan komputer yang ada sehingga dapat menjalankan beberapa sistem operasi (di dalam mesin virtual) pada waktu yang sama.  

Jadi, misalnya, Anda dapat menjalankan Windows dan Linux di Mac Anda, menjalankan Windows Server 2008 pada server Linux Anda, jalankan Linux pada PC Windows Anda, dan sebagainya, semua aplikasi yang ada di samping Anda. anda dapat menginstal dan menjalankan sebagai mesin virtual yang Anda inginkan, hanya batas praktis ruang disk dan memori.VirtualBox adalah tampak sederhana namun juga sangat kuat. Hal ini dapat berjalan di mana-mana dari embedded system kecil atau mesin kelas desktop semua jalan sampai ke penyebaran data center dan bahkan Cloud lingkungan. Screenshot berikut menunjukkan kepada Anda bagaimana VirtualBox, diinstal pada mesin Linux, adalah menjalankan Windows 7 di jendela mesin virtual:
Oracle VM VirtualBox pada windows
Teknik-teknik dan fitur yang disediakan VirtualBox berguna untuk beberapa skenario kondisi, sebagai berikut:
  • Dukungan Sistem operasi. Dengan VirtualBox, seseorang dapat menjalankan perangkat lunak yang ditulis untuk salah satu sistem operasi yang lain (misalnya, perangkat lunak Windows di Linux atauMac) tanpa harus reboot untuk menggunakannya. Karena Anda dapat mengkonfigurasi apa jenisperangkat keras harus disampaikan kepada masing-masing mesin virtual, Anda bahkan dapat menginstal sistem operasi lama seperti DOS atau OS / 2 dalam mesin virtual jika Anda yang sesungguhnya hardware komputer tidak lagi didukung oleh sistem operasi.

  • Pengujian dan pemulihan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Setelah terinstal, mesin virtual dan virtual  hard disk dapat dianggap sebagai "wadah" yang bisa sewenang-wenang dibekukan, dibangunkan, disalin, mundur, dan diangkut antara host. Di atas semua itu, dengan menggunakan fitur lain VirtualBox disebut "snapshot", seseorang dapat menyimpan keadaan tertentu mesin virtual dan kembali ke negara itu, jika perlu. Dengan cara ini, seseorang dapat dengan bebas bereksperimen dengan lingkungan komputasi. Jika sesuatu berjalan salah (misalnya setelah menginstal perangkat lunak nakal atau menginfeksi tamu dengan virus), orang dapat dengan mudah beralih kembali ke snapshot sebelumnya dan menghindari kebutuhan backup sering dan mengembalikan. Sejumlah foto-foto dapat dibuat, memungkinkan Anda untuk melakukan perjalanan kembali dan maju dalam waktu mesin virtual. Anda dapat menghapus snapshot sementara VM sedang berjalan untuk merebut kembali ruang disk. 

  • Konsolidasi Infrastruktur. Virtualisasi secara signifikan dapat mengurangi hardware dan biaya listrik. Server saat ini biasanya dijalankan dengan sistem rata-rata cukup rendah beban dan jarang digunakan untuk potensi mereka sepenuhnya. Banyak potensi hardware sebagai serta listrik sehingga terbuang. Jadi, bukannya menjalankan fisik seperti banyak komputer yang digunakan hanya sebagian, seseorang bisa pak banyak mesin virtual ke sebuah host yang kuat sedikit dan menyeimbangkan beban antara mereka. Dengan VirtualBox, Anda bahkan dapat menjalankan mesin virtual server hanya untuk VirtualBox Remote Desktop Protocol (VRDP), dengan dukungan penuh klien USB. ini memungkinkan untuk mengkonsolidasikan mesin desktop di perusahaan hanya pada RDP beberapa server, sedangkan klien yang sebenarnya hanya harus mampu menampilkan data VRDP. 

  • Mudah instalasi software. Mesin virtual dapat digunakan oleh vendor perangkat lunak untuk kapal konfigurasi seluruh perangkat lunak. Misalnya, memasang lengkap mail server solusi pada mesin nyata bisa menjadi tugas yang membosankan. dengan virtualisasi maka ada kemungkinan untuk kapal solusi perangkat lunak keseluruhan, mungkin terdiri dari banyak komponen yang berbeda, dalam mesin virtual, yang kemudian sering disebut "Alat". Memasang dan menjalankan mail server menjadi semudah mengimpor seperti alat ke VirtualBox.
Ketika berhadapan dengan virtualisasi, ada beberapa terminologi penting yang harus dipahami hal ini membantu untuk memperkenalkan diri dengan, terutama istilah berikut: 
  • Sistem operasi host (host OS) : sistem operasi dari komputer fisik di mana VirtualBox dipasang. Ada versi VirtualBox untuk Windows, Mac OS X, Linux dan Solaris host, Sistem operasi yang didukung tuan rumah

  • Sistem operasi tamu (OS guest): sistem operasi yang sedang berjalan di dalam mesin virtual. Secara teoritis, VirtualBox dapat menjalankan sistem operasi x86 (DOS, Windows, OS / 2, FreeBSD, OpenBSD), tetapi untuk mencapai kinerja kode tamu maksimum pada mesin suatu , perlu banyak banyak dilakukan  optimasi yang spesifik untuk sistem operasi tertentu. Jadi, sementara  sistem operasi favorit dapat berjalan sebagai tamu, Virtual box secara resmi mendukung dan mengoptimalkan untuk beberapa pilih (yang, bagaimanapun, termasuk yang paling umum).

  • Virtual mesin (VM). Saat menjalankan, VM adalah lingkungan khusus yang VirtualBox menciptakan untuk sistem operasi tamu. Jadi, dengan kata lain, Anda menjalankan operasi tamu Anda sistem "dalam" VM. Biasanya, VM akan ditampilkan sebagai jendela pada desktop komputer Anda, namun tergantung pada mana dari berbagai frontends dari VirtualBox yang Anda gunakan, dapat ditampilkan dalam modus layar penuh atau jarak jauh dengan menggunakan VirtualBox Remote Desktop Protocol (VRDP). Kadang-kadang kita juga menggunakan "mesin virtual" dalam cara yang lebih abstrak. Secara internal, VirtualBox berpikir VM sebagai seperangkat parameter yang menentukan perilakunya. Termasuk pengaturan perangkat keras (memori berapa banyak VM harus memiliki, apa hard disk VirtualBox harus virtualisasi file kontainer melalui mana, apa yang CD dipasang dll) serta informasi negara (apakah VM saat ini berjalan, disimpan, foto-foto nya dll). Pengaturan ini tercermin dalam antarmuka pengguna grafis VirtualBox serta perintah VBoxManage program baris, Dengan kata lain, VM juga apa yang Anda lihat dalam dialog pengaturannya.

  • Penambahan OS tamu. Dengan "Guest Additions", kita merujuk pada paket perangkat lunak khusus yang dikirimkan dengan VirtualBox. Meskipun mereka adalah bagian dari VirtualBox, mereka dirancang untuk dipasang di dalam VM untuk meningkatkan kinerja dari OS tamu dan untuk menambahkan fitur tambahan.
Berikut gambaran singkat dari fitur utama VirtualBox:
  • Portabilitas. VirtualBox berjalan pada sejumlah besar operasi host 32-bit dan 64-bit sistem. VirtualBox adalah apa yang disebut "host" hypervisor (kadang-kadang disebut sebagai "tipe 2" hypervisor). Sedangkan "bare-metal" atau "tipe 1" hypervisor akan berjalan secara langsung pada perangkat keras, VirtualBox membutuhkan sistem operasi yang ada yang akan diinstal. Dengan demikian dapat berjalan bersama aplikasi yang ada pada host tersebut. Untuk tingkat yang sangat besar, VirtualBox secara fungsional identik pada semua host platform, dan file yang sama dan format gambar yang digunakan. Hal ini memungkinkan Anda untuk menjalankan mesin virtual yang dibuat pada satu host di host lain dengan host yang berbeda sistem operasi, misalnya, Anda dapat membuat mesin virtual pada Windows dan kemudian menjalankannya di bawah Linux. Selain itu, mesin virtual dapat dengan mudah diimpor dan diekspor dengan menggunakan Virtualisasi Format Terbuka, sebuah standar industri yang diciptakan untuk tujuan ini. Anda dapat bahkan mengimpor OVFs yang diciptakan dengan software virtualisasi yang berbeda.

  • Tidak ada virtualisasi hardware yang dibutuhkan. Bagi banyak skenario, VirtualBox tidak tidak memerlukan fitur prosesor dibangun ke dalam perangkat keras baru seperti Intel VT-x atau AMD-V. Sebagai lawan banyak solusi virtualisasi lainnya, karena itu Anda dapat menggunakan VirtualBox bahkan pada hardware lama di mana fitur ini tidak hadir.

  • Penambahan OS tamu: shared folder, jendela mulus, virtualisasi 3D. itu VirtualBox Guest Additions adalah paket perangkat lunak yang dapat diinstal di dalam sistem tamu didukung untuk meningkatkan kinerja mereka dan memberikan tambahan integrasi dan komunikasi dengan sistem host. Setelah menginstal Guest Additions, mesin virtual akan mendukung penyesuaian otomatis video resolusi, jendela mulus, grafis 3D dipercepat dan banyak lagi. Secara khusus, Guest Additions menyediakan "shared folder", yang memungkinkan Anda mengakses file dari sistem host dari dalam mesin tamu.

  • Besar dukungan hardware Antara lain, VirtualBox mendukung: 
  •   
    1. Guest multiprocessing (SMP). VirtualBox dapat hadir hingga 32 maya CPU untuk mesin virtual, terlepas dari berapa banyak core CPU sebenarnya hadir di host Anda.
    2. Dukungan PerangkatUSB 2.0 . VirtualBox menerapkan kontroler USB virtual dan memungkinkan Anda untuk menghubungkan perangkat sewenang-wenang USB ke mesin virtual Anda tanpa harus menginstal perangkat khusus driver pada host. Dukungan USB tidak terbatas pada kategori perangkat tertentu.
    3. Kompatibilitas Hardware . VirtualBox virtualizes array yang luas dari perangkat virtual, di antara mereka banyak perangkat yang biasanya disediakan oleh virtualisasi lainnya platform. Itu termasuk IDE, SCSI dan SATA pengendali hard disk, beberapa kartu jaringan virtual dan kartu suara, serial virtual dan paralel pelabuhan dan Interrupt Controller Input / Output Lanjutan Programmable (I / O APIC), yang ditemukan di banyak sistem PC modern. Ini memudahkan kloning gambar PC dari mesin nyata dan mengimpor dari pihak ketiga mesin virtual ke VirtualBox.
    4. Dukungan ACPI penuh. Konfigurasi Lanjut dan Antarmuka Daya (ACPI) didukung penuh oleh VirtualBox. Hal ini memudahkan kloning gambar PC dari mesin nyata atau pihak ketiga ke dalam mesin virtual VirtualBox. Dengan nya ACPI listrik dukungan status yang unik, VirtualBox bahkan dapat melaporkan kepada ACPIaware Tamu sistem operasi status kekuatan tuan rumah. Untuk seluler sistem yang berjalan pada baterai, sehingga tamu dapat mengaktifkan penghematan energi dan memberitahukan pengguna dari sisa daya (misalnya dalam mode fullscreen).
    5. Multiscreen resolusi. VirtualBox mesin virtual mendukung resolusi layar berkali-kali bahwa dari layar fisik, yang memungkinkan mereka untuk menyebar atas sejumlah besar layar melekat pada sistem host.
    6. Built-in dukungan iSCSI. Fitur unik ini memungkinkan Anda untuk menghubungkan virtual Mesin langsung ke server storage iSCSI tanpa melalui tuan rumah sistem. VM mengakses target iSCSI langsung tanpa tambahan overhead yang diperlukan untuk virtualizing hard disk dalam file kontainer.
    7. Jaringan PXE boot. Kartu jaringan terpadu virtual VirtualBox sepenuhnya mendukung booting jarak jauh melalui Lingkungan Eksekusi Preboot (PXE). 
  • Multigeneration bercabang snapshot. VirtualBox dapat menyimpan snapshot sewenang-wenang negara dari mesin virtual. Anda dapat kembali dalam waktu dan mengembalikan mesin virtual untuk setiap snapshot tersebut dan memulai konfigurasi VM alternatif dari sana, efektif menciptakan pohon snapshot keseluruhan. Anda dapat menghapus snapshot sementara mesin virtual berjalan.
  • Arsitektur yang bersih dan teratur, modularitas belum pernah terjadi sebelumnya. VirtualBox memiliki sangat desain modular dengan baik didefinisikan antarmuka pemrograman internal dan bersih pemisahan klien dan kode server. Hal ini membuat mudah untuk mengendalikannya dari beberapa interface sekaligus: misalnya, Anda dapat memulai VM hanya dengan mengklik tombol di antarmuka pengguna grafis VirtualBox dan kemudian mengendalikan mesin itu dari baris perintah, atau bahkan jauh. Karena arsitektur modular, VirtualBox juga dapat mengekspos fungsionalitas penuh dan configurability melalui kit pengembangan perangkat lunak yang komprehensif (SDK), yang memungkinkan untuk mengintegrasikan setiap aspek VirtualBox dengan sistem perangkat lunak lain.
  • Mesin remote display. Anda dapat menjalankan mesin virtual dalam khusus VirtualBox program yang bertindak sebagai server untuk VirtualBox Remote Desktop Protocol (VRDP), perpanjangan mundur-kompatibel dari Remote Desktop standar Protokol. Dengan fitur unik ini, VirtualBox menyediakan kinerja tinggi akses remote ke mesin virtual. VirtualBox mendukung VRDP tidak bergantung pada server RDP yang dibangun ke Microsoft Windows. Sebaliknya, server VRDP kustom telah dibangun langsung ke lapisan virtualisasi. Sebagai hasilnya, ia bekerja dengan sistem operasi (bahkan dalam mode teks) dan tidak memerlukan dukungan aplikasi dalam mesin virtual baik.  Remote display (VRDP dukungan), VirtualBox menawarkan fitur lebih unik:   
    1. Otentikasi Extensible RDP .VirtualBox sudah mendukung Winlogon pada Windows dan PAM di Linux untuk otentikasi RDP. Selain itu, termasuk yang mudah untuk menggunakan SDK yang memungkinkan Anda untuk membuat antarmuka sesuai keinginan anda sebagai user.
    2. Anda dapat  menghubungkan perangkat  USB lokal ke mesin virtual yang berjalan jarak jauh pada server RDP VirtualBox.
Operasi host sistem yang didukung
  • Windows hosts: 
    1. Windows XP, all service packs (32-bit)
    2. Windows Server 2003 (32-bit)
    3. Windows Vista (32-bit and 64-bit1).
    4. Windows Server 2008 (32-bit and 64-bit)
    5. Windows 7 (32-bit and 64-bit)
  • Mac OS X hosts:
    1. 10.5 (Leopard, 32-bit)
    2. 10.6 (Snow Leopard, 32-bit and 64-bit)
  • Linux host (32-bit dan 64-bit). Antara lain, ini termasuk: 
    1. Ubuntu 6.06 (“Dapper Drake”), 6.10 (“Edgy Eft”), 7.04 (“Feisty Fawn”),
      7.10 (“Gutsy Gibbon”), 8.04 (“Hardy Heron”), 8.10 (“Intrepid Ibex”), 9.04
      (“Jaunty Jackalope”), 9.10 (“Karmic Koala”), 10.04 (“Lucid Lynx”).
    2. Debian GNU/Linux 3.1 (“sarge”), 4.0 (“etch”) and 5.0 (“lenny”)
    3. Oracle Enterprise Linux 4 and 5
    4. Redhat Enterprise Linux 4 and 5
    5. Fedora Core 4 to 12
    6. Gentoo Linux
    7. SUSE Linux 9 and 10, openSUSE 10.3, 11.0, 11.1, 11.2
    8. Mandriva 2007.1, 2008.0, 2009.1, 2010.0
  • Host Solaris (32-bit dan 64-bit4)
    1. OpenSolaris (2008.05 and higher, “Nevada” build 86 and higher)
    2. Solaris 10 (u5 and higher)



source : User Manual Guide Oracle VM Virtual Box Page 9 - 15
Diterjemahkan oleh : Zamal Abdul Halim

0 komentar:

Posting Komentar